ANAK & MEDIA
FILM & FILM
THOMAS
& HIS FRIENDS VS
OH TERNYATA
Anak yang saya wawancarai ini bernama M. Farizi yang biasanya dipanggil
Faris ia berusia 4 tahun. Fariz ini gemar menonton filim kartun Thomas and His
Friends yang tayang di global TV dan Oh
Ternyata yang tayang di Trans TV. Faris
ini senang melihat kartun daripada membaca buku meskipun buku itu penuh warna
dan gambar.
Hasil
Analisis
Data umum
|
Jenis : film
Judul :
Thomas and his friend
Durasi: 30
menit
|
Jenis : film
Judul : oh
ternyata
Durasi : 60
menit
|
Penyampaian content
|
Film
|
Film
|
Content
|
Bercerita
tentang nilai-nilai pertemanan, kerjasama dan menjadi seseorang yang berguna
untuk melakukan hal-hal besar.
|
Bercerita
tentang orang yang mencari hantu dan mengembalikan arwah hantu ketempat
seharusnya.
|
Tujuan / materi yang ingin disampaikan/pelajaran
yang bisa diambil
|
·
Memecahkan masalah
·
Bekerjasama
|
Tidak ada yang bisa dipelajari
|
Sasaran pembaca/penonton
|
·
Semua umur namun
lebih cocok untuk anak usia sekolah.
·
Cocok untuk laki-laki
maupun perempuan.karena film ini menceritakan mengenai persahabatan antara
laki-laki dan perempuan.
|
·
Cocok untuk orang
yang sudah dewasa.
|
Pengemasan media (kelebihan & kelemahan)
|
·
Film ini menarik
karena kereta dalam film ini beraneka warna, anak pun dapat belajar tentang
warna juga.
·
Anak terkadang
bosan karena film ini sering diputar kembali.
|
·
Pengemasan media
cukup menarik tetapi untuk orang dewasa
·
Kurang memberikan
wawasan pada anak kecil.
|
Teori yang relevan
|
Teori
perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi
dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.
Santrock
dalam bukunya yang berjudul Live Span Development mengatakan bahwa anak dapat
membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri (Santrock, J.W.,2002)
Dan dalam
teori Piaget anak yang memiliki umur 4 tahun masuk dalam tahap pra
operasional pada umur 2-7 tahun , dan dalam tahap ini anak kemampuan dalam
menggunakan simbol-simbol yang menggambarkan objek yang ada disekitarnya, dan
masih berfikir secara egosentris dan berpusat.
|
Teori
perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi
dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.
Santrock dalam
bukunya yang berjudul Live Span Development mengatakan bahwa anak dapat
membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri (Santrock, J.W.,2002)
Dan dalam
teori Piaget anak yang memiliki umur 4 tahun masuk dalam tahap pra
operasional pada umur 2-7 tahun , dan dalam tahap ini anak kemampuan dalam
menggunakan simbol-simbol yang menggambarkan objek yang ada disekitarnya, dan
masih berfikir secara egosentris dan berpusat.
|
Fariz ini adalah tipe anak yang cepat tanggap
dan suka cepat menirukan apa yang telah dia lihat, maka Fariz ini cepat sekali
dalam menyerap informasi. Dari kedua film yang dia sukai Fariz lebih menyukai
film Thomas and His Friend karena dalam film itu para lereta saling membantu
satu sama lain, sedangkan film oh ternyata dia agak takut tapi juga tetap
dilihat.
OPINI
Dari kedua fil tersebut saya lebih menyukai
film Thomas And His Friend karena dalam film ini kartun ini mengajarkan tentang
persahabat dan saling membantu satu sama lain, sedangkan untuk film oh Ternyata
boleh juga dilihat oleh anak-anak tetapi tidak setiap hari dan pada saat
menonton harus didampingi oleh orang tua juga.
By : Radhita Tri Malasari
115120301111010
teori tidak dipakai untuk analisa & analisa kurang mendalam
ReplyDelete