Sunday, December 29, 2013

ANAK & MEDIA FILM & FILM

ANAK &  MEDIA
FILM & FILM

THOMAS & HIS  FRIENDS   VS   OH TERNYATA
  vs
Anak yang saya wawancarai ini bernama M. Farizi yang biasanya dipanggil Faris ia berusia 4 tahun. Fariz ini gemar menonton filim kartun Thomas and His Friends yang tayang di global TV  dan Oh Ternyata yang tayang di Trans TV.  Faris ini senang melihat kartun daripada membaca buku meskipun buku itu penuh warna dan gambar.
Hasil Analisis

Data umum
Jenis : film
Judul : Thomas and his friend
Durasi: 30 menit
Jenis : film
Judul : oh ternyata
Durasi : 60 menit
Penyampaian content
Film

Film
Content
Bercerita tentang nilai-nilai pertemanan, kerjasama dan menjadi seseorang yang berguna untuk melakukan hal-hal besar.
Bercerita tentang orang yang mencari hantu dan mengembalikan arwah hantu ketempat seharusnya.
Tujuan / materi yang ingin disampaikan/pelajaran yang bisa diambil
·        Memecahkan masalah
·        Bekerjasama
Tidak ada yang bisa dipelajari
Sasaran pembaca/penonton
·      Semua umur namun lebih cocok untuk anak usia sekolah.
·      Cocok untuk laki-laki maupun perempuan.karena film ini menceritakan mengenai persahabatan antara laki-laki dan perempuan.
·         Cocok untuk orang yang sudah dewasa.
Pengemasan media (kelebihan & kelemahan)
·      Film ini menarik karena kereta dalam film ini beraneka warna, anak pun dapat belajar tentang warna juga.
·      Anak terkadang bosan karena film ini sering diputar kembali.


·      Pengemasan media cukup menarik tetapi untuk orang dewasa
·      Kurang memberikan wawasan pada anak kecil.

Teori yang relevan
Teori perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori  yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.

Santrock dalam bukunya yang berjudul Live Span Development mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri (Santrock, J.W.,2002)
Dan dalam teori Piaget anak yang memiliki umur 4 tahun masuk dalam tahap pra operasional pada umur 2-7 tahun , dan dalam tahap ini anak kemampuan dalam menggunakan simbol-simbol yang menggambarkan objek yang ada disekitarnya, dan masih berfikir secara egosentris dan berpusat.
Teori perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori  yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya.

Santrock dalam bukunya yang berjudul Live Span Development mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri (Santrock, J.W.,2002)
Dan dalam teori Piaget anak yang memiliki umur 4 tahun masuk dalam tahap pra operasional pada umur 2-7 tahun , dan dalam tahap ini anak kemampuan dalam menggunakan simbol-simbol yang menggambarkan objek yang ada disekitarnya, dan masih berfikir secara egosentris dan berpusat.

Fariz ini adalah tipe anak yang cepat tanggap dan suka cepat menirukan apa yang telah dia lihat, maka Fariz ini cepat sekali dalam menyerap informasi. Dari kedua film yang dia sukai Fariz lebih menyukai film Thomas and His Friend karena dalam film itu para lereta saling membantu satu sama lain, sedangkan film oh ternyata dia agak takut tapi juga tetap dilihat.
OPINI
Dari kedua fil tersebut saya lebih menyukai film Thomas And His Friend karena dalam film ini kartun ini mengajarkan tentang persahabat dan saling membantu satu sama lain, sedangkan untuk film oh Ternyata boleh juga dilihat oleh anak-anak tetapi tidak setiap hari dan pada saat menonton harus didampingi oleh orang tua juga.

By : Radhita Tri Malasari 115120301111010



1 comment:

  1. teori tidak dipakai untuk analisa & analisa kurang mendalam

    ReplyDelete