Shindu Nata, 5 th, adalah seorang anak laki-laki yang saya wawancarai. Ia adalah adik keponakan saya sendiri. Hampir setiap hari ia menonton "Curious George" yang tayang di ANTV pukul 15.00. Ia sangat senang menonton acara tersebut. Tokoh yang paling ia sukai dalam acara tersebut adalah "George" (kera). Menurutnya, george adalah seekor kera yang lucu, pintar dan suka sekali bermain. Nata bilang, "George kera yang lucu dan suka bermain". Selain itu hal yang dia sukai dalam acara tersebut adalah ketika George mengekspresikan wajah tertawanya, karena itu membuat Nata ikut tertawa. Sedangkan buku atau bahan bacaan yang ia sukai adalah "TIKO". Tiko adalah majalah khusus yang diberikan kepada anak yang masih duduk di bangku TK. Majalah Tiko (kata Nata) diberikan oleh guru TKnya setiap minggunya.
Data Umum
Jenis : Film
Judul : Curious George
Durasi : 30 menit, tahun 2013
Penyampaian Content : Film
Content : Melihat George bermain, memecahkan suatu masalah dan bersenang-senang
Tujuan/pelajaran yang bisa diambil : Belajar memecahkan suatu masalah, mengajarkan cara bermain yang sportif dan bertanggungjawab.
Sasaran Penonton : Semua umur, tetapi lebih cocok untuk anak yang masih bersekolah, khususnya TK (3-5 th)
Pengemasan Media
Kelebihan : Film Curious George sangat cocok untuk anak usia 3-5 th. karena dalam acara tersebut terdapat animasi yang sangat bagus dan adegan yang lucu. Apalagi dalam film tersebut juga melatih bagaimana seekor kera dapat memecahkan suatu masalah yang sedang ia hadapi. Secara tidak langsung itu dapat mengembangkan kognitif pada anak, karena ketika menonton acara tersebut anak ikut berfikir bagaimana cara memecahkan suatu masalah yang baik, apalagi dengan ekspresi George yang sangat lucu.
Kekurangan : -
Teori Yang Relevan : Menurut Jean Piaget (1896-1980) dalam buku Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, oleh John W. Santrok pada tahun 2002, mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri. Piaget yakin bahwa anak-anak menyesuaikan pemikiran mereka untuk menguasai gagasan-gagasan baru, karena informasi tambahan akan menambah pemahaman mereka terhadap dunia. Sedangkan bermain, Piaget mengatakan bahwa bermain adalah suatu cara bagi anak-anak dalam mengubah dunia untuk mendapatkan keinginannya. Sebagai contohnya bermain peran, karena manfaat bermain peran bagi anak adalah anak bisa mempelajari banyak peran di sekeliling mereka dan lingkungan di luar mereka. Misalkan anak menjadi seorang dokter, perawat, polisi, guru, dan sebagainya. Dengan bermain peran ini anak akan berfantasi dan kemudian meniru, sehingga perkembangan kognitif mereka pun akan berkembang dengan baik. Pada usia dinipun anak perlu dikembangkan keterampilan motorik dan kemampuan sosialisasi. karena Anak usia dini yang belum mengerti tentang belajar, sebaiknya diberikan kesempatan untuk bermain dan kebebasan bereksplorasi.
Analisis : Menurut saya teori yang tepat dalam pembahasan saya kali ini adalah teori "kognitif" dan "bermain". karena diatas disebutkan bahwa film tersebut menampilkan bagaimana cara memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi oleh George. dan itu juga dapat membuat si anak secara tidak langsung juga ikut berfikir bagaimana cara memecahkan suatu masalah yang dialami oleh George. selain itu saya juga mengaitkan dengan teori bermain, karena dalam acara tersebut juga menampilkan keceriaan George yang sedang bermain bersama teman-temannya, dan hal itu dapat mengembangkan keterampilan motorik dan keterampilan sosial si anak tersebut.
Data Umum
Jenis : Majalah Anak
Judul : TIKO
Penyampaian Content : Majalah Anak, Berwarna
Content : Macam-macam (Cerita (komik), Cerpen, Game, Mewarna, Labirin, dll)
Tujuan/pelajaran yang bisa diambil : Cara mewarnai yang benar, belajar membaca, mengenali berbagai macam gambar, dll
Sasaran Pembaca : Untuk anak yang masih duduk dibangku TK.
Pengemasan Media
Kelebihan : Sesuai dengan tujuan, berbagai macam isi dalam majalah tersebut.
Kekurangan : Terkadang ada beberapa kata yang penulisannya tidak bagus (huruf yang kurang)
Teori Yang Relevan : Menurut Jean Piaget (1896-1980) dalam buku Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, oleh John W. Santrok pada tahun 2002, mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri. Piaget yakin bahwa anak-anak menyesuaikan pemikiran mereka untuk menguasai gagasan-gagasan baru, karena informasi tambahan akan menambah pemahaman mereka terhadap dunia. Sedangkat bermain menurut Piaget adalah suatu cara bagi anak-anak dalam mengubah dunia untuk mendapatkan keinginannya. Sebagai contohnya bermain peran, karena manfaat bermain peran bagi anak adalah anak bisa mempelajari banyak peran di sekeliling mereka dan lingkungan di luar mereka. Misalkan anak menjadi seorang dokter, perawat, polisi, guru, dan sebagainya. Dengan bermain peran ini anak akan berfantasi dan kemudian meniru, sehingga perkembangan kognitif mereka pun akan berkembang dengan baik. Pada usia dinipun anak perlu dikembangkan keterampilan motorik dan kemampuan sosialisasi. karena Anak usia dini yang belum mengerti tentang belajar, sebaiknya diberikan kesempatan untuk bermain dan kebebasan bereksplorasi. membaca adalah suatu aktivitas komplek yang melibatkan kegiatan fisik maupun mental yang bertujuan untuk memahami isi bacaan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif serta menggunakan sejumlah pengetahuannya untuk mendapatkan pesan atau informasi dari sebuah tulisan atau bahasa tulis, sehingga menjadikan bermakna dan bermanfaat bagi pembaca.
Analisis : Menurut saya teori yang tepat dalam pembahasan saya kali ini adalah teori "kognitif", "bermain" dan "membaca". karena diatas disebutkan bahwa isi dari majalah tersebut mencangkup berbagai macam isi, seperti komik, cerpen, mewarna, labirin dll. dan itu sangat baik sekali bagi perkembangan kognitif pada anak tersebut, selain itu juga dapat mengembangkan kreativitas dalam diri anak tersebut dengan cara lebih berimajinatif terhadap suatu objek yang dihadapinya.
Opini : Saya lebih menyukai Majalah Tiko daripada film Curious George, karena majalah Tiko lebih mempunyai banyak isi untuk pembelajaran Nata. dan itu dapat lebih mengembangkan kognitif dan imajinasinya.
OKKY WIMA PANTRISCA
1151 20300 111 012
No comments:
Post a Comment