Anak & Media :
Fathian Abhie Geafhakrie lebih akrab
dipanggil Tyan seorang anak berumur 3 tahun yang saya wawancarai seputar
kegemarannya menonton film dan membaca buku. Tyan gemar menonton film kartun Word
World dalam stasiun tv Disney Junior dan senang membaca buku cerita yang
berjudul Thomas and Friend. Baginya, film kartun adalah pilihan yang lebih
menarik ketimbang mebaca buku, meskipun telah dilengkapi dengan gambar stiker
yang tokoh Thomas yang menarik.
Menurutnya acara
film kartun Word World lebih lucu dan tidak membosankan, karena dalam
penyajiannya setiap benda dalam kartun tersebut terbentuk dari beberapa
rangkaian huruf yang membentuk satu kata benda yang menggabambarkan benda
tersebut. Seperti misalkan pada rangkaian huruf “ B-E-A-R ” yang berarti
beruang, lalu digambarkan dalam bentuk kartun beruang:
Hasil analisis:
Data umum
|
Jenis : Buku Cerita Bergambar (dilengkapi dengan
stiker)
Judul : Thomas and Friend (Wajah Lucu)
tahun 2012
|
Jenis : Film
Judul : Word World
Durasi : 10 menit
tahun 2004
|
Penyampaian
content
|
Buku Cerita dilengkapi dengan stiker lucu
|
Film
|
Content
|
Bercerita tentang persahabatan
|
Bercerita tentang beruang, babi, bebek serta
kawan-kawannya sedang merayakan ulang tahun gajah.
|
Tujuan / materi
yang ingin disampaikan/pelajaran yang bisa diambil
|
·
Berbagi tugas
·
tidak saling
menyalahkan dan selalu menghargai
·
Memecahkan masalah
|
· Belajar membaca
dari rangkaian huruf yang membentuk kata suatu benda
· Belajar memecahkan
masalah
· Belajar warna
· Belajar memahami
property apa saja yang berhubungan dengan ulang tahun.
|
Sasaran pembaca/penonton
|
· Semua umur, namun
akan lebih cocok pada anak usia sekolah.
· Untuk semua anak
laki-laki maupun perpuan. Karena meskipun dalam penyajiannya ditokohi oleh
beragam jenis kereta api yang lebih cenderung digemari oleh anak laki-laki,
namun buku ini bercerita tentang persahabatan yang baik bagi semua anak.
(laki-laki dan perempuan)
|
· Semua umur baik
anak laki-laki maupun perempuan.
· Namun akan lebih
baik lagi bagi anak pada masa pra-sekolah dan sekolah awal, karena dapat
menstimulus anak untuk belajar membaca, dan mengenal kata serta peng-aplikasiannya.
|
Pengemasan media
(kelebihan & kelemahan)
|
· Menarik, karena
dalam penyajiannya buku cerita ini dilengakapi dengan stiker yang lucu.
· Namun alur cerita
yang diberikan kurang menarik dan membosankan
|
· Sesuai untuk
balita seperti Tyan, karena dalam penyajiannya diperkaya dengan animasi
animasi yang menarik.
· Namun akan
membosankan pada usia diatasnya
|
Teori yang
relevan
|
·
Menurut Thorndike, belajar adalah proses interaksi antara
stimulus dan respon. Stimulus adalah apa yang merangsang terjadinya kegiatan
belajar seperti pikiran, perasaan, atau hal-hal lain yang dapat ditangkap
melalui alat indera. Sedangkan respon adalah reaksi yang dimunculkan peserta
didik ketika belajar, yang dapat pula berupa pikiran, perasaan, atau
gerakan/tindakan.
|
· Teori
Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget, diusia 2-7 tahun seorang anak ada
pada tahap perkembangan pra-operasional dimana seorang anak mulai melukiskan
dunianya dengan kata-kata dan gambar, sebagai bentuk pengaplikasian dan
meningkatnya pemikiran simbolik yang dimilikinya (Santrock,J.W.,2002)
|
Jika dibandingkan
secara keseluruhan dari kedua media belajar yang diberikan, Tyan lebih memilih
film kartun Word World ketimbang membaca buku cerita Thomas and Friend. Pada
awalnya Tyan sangat mengidolakan tokoh Thomas dalam film kartun kereta api “Thomas and Friend” namun ketika Tyan
memiliki buku cerita Thomas and Friend, Tyan mulai bosan dengan alur cerita
yang disampaikan. Dan lebih memilih menonton film kartun.
Opini :
Saya lebih menyukai
film animasi Word World sebagai media belajar Tyan, karena pada kenyataannya
dengan melihat film animasi tersebut Tyan dapat dengan mudah belajar mengenal
huruf, kata, skaligus mengenal benda-benda yang baru dikenalnya dalam bahasa
Inggris, sehingga dapat bermanfaat kedepannya bagi seorang Tyan. Dari hasil
analisis yang telah dikukan, saya menyarankan pada orangtua agar dapat mendukung
bentuk metode belajar yang digemari oleh anak, selama metode belajar yang
dilakukannya dapat memberikan banyak manafaat bagi pengetahuannya.
Dini Andriani
115120307111004
No comments:
Post a Comment