PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA MASA
perkembangan
Pasti semua orang tua menginginkan
memiliki anak yang tumbuh kembangnya sesuai dengan harapan seperti
kognitif,bahasa,dan yang lain.dalam blog ini saya akan mencoba membahas
mengenai perkembangan kognitif yang baik pada masa anak……
APA SIH YANG DIMAKSUD KOGNITIF ITU…?????
Kognitif yaitu potensi intelektual yang
terdiri dari beberapa tahapan pengetahuan,pemahaman,penerapan,analisa,sintesis
dan evaluasi.
Jean Piaget (1896-1980) pakar psikologi dari
swiss menyampaikan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif
mereka sendiri. Dalam pandangan piaget terdapat dua proses yang mendasari
perkembangan dunia individu yaitu pengorganisasian dan penyesuaian.
NAH
LEBIH LANJUTNYA MARI KITA BACA……..
Faktor
Yang Berpengaruh Terhadap Kognitif anak,yaitu:
1.
Orang
tua / gen
2.
Lingkungan
sekitar
Salah satu tokoh yaitu Piaget
mengemukakan Teori Tahapan Piaget sejalan dengan perkembangan anak, pemikiran
anak secara konstan beradaptasi dalam situasi-situasi dan pengalaman baru.
Terkadang anak melakukan asimilasi informasi baru ke dalam kategori mental yang
sudah ada.
Tahapan
perkembanagan kognitif Piaget,yaitu:
1.
Tahapan
Sensorimotorik (usia 0-2 tahun)
Menurut
Piaget, bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan dan anak berinteraksi dengan
dunia sekitar melalui sensoriss seperti melihat,meraba,mencium. Haal-hal yang
dilakukan oleh si bayi ini juga memiliki tujuan juga ternyata, tujuannya yaitu
untuk mengeksplorasi lingkungannya dan untuk belajar juga,
Pada
masa-masa ini anak memulai untuk membangun yang namanya suatu konsep mengenai
lingkungannya melalui kegiatan sensorimotornya contoh:
menghisap,melempar,melihat. Pada masa usia puncak tahapan sensorimotor yaitu
pada umur 2 tahun seseoang anak akan bisa memiliki cara bagaimana dia
mendapatkan sebuah benda yang ia inginkan seperti mengenyot jempol untuk
meminta minum. Ini adalah aawaal dari dari kemampuan seorang anak untuk
berpikir secara simbolis yaitu kemampuan untuk memikirkan suatu objek tanpa
kehadiran objek tersebut secara nyata.
2.
Tahap
Praoperasional (usia 2-7 tahun)
Pada
tahap ini cara anak melakukan kegiatan biasanya menggunakan kegiatan yang
bersifat simbolik seperti biasanya kita lihat anak sering main pasar-pasaran
ada yang menjual dan membeli kadang juga ada anak bermain telfon mainan untuk
menelfon seseorang hal iini menunjukkan anak masih berfikir secara simbolik.
Dalam tahapan ini cara berfikir anak belum dapat stabil.
3.
Tahap
Operasional Konkret (usia 7-12 tahun)
Di
fase ini kemampuan anak akan berfikir secara logis sudahlah berkembang, hal untuk mendukungnya
adalah adanya suatu obyek yang hadir secara konkret/nyata.
kemampuan
berfikir yang logis ini seperti kemampuan mengumpulkan obyek sesuai yang telah
ditentukan, seperti meengurutkan benda sesuai dengan urutannya.
4.
Fase
operasional formal(usia 11 tahun sampaai dewasa)
Dalam
tahapan ini kemampuan untuk berfikir secara abstrak,menalar secara logis dan
menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia. Di dalam tahap ini anak mampu
untuk mengerti situasi yang belum pernah mereka alami dan dip roses ini juga
mereka sudah dapat untuk menentukan jalan keluar sendiri.
By:Radhita Tri Malasari
115120301111010
No comments:
Post a Comment