Sunday, October 20, 2013

PERKEMBANGAN KOGNITIF  PADA MASA  perkembangan
            Pasti semua orang tua menginginkan memiliki anak yang tumbuh kembangnya sesuai dengan harapan seperti kognitif,bahasa,dan yang lain.dalam blog ini saya akan mencoba membahas mengenai perkembangan kognitif yang baik pada masa anak……
APA SIH YANG DIMAKSUD KOGNITIF ITU…?????
Kognitif yaitu potensi intelektual yang terdiri dari beberapa tahapan pengetahuan,pemahaman,penerapan,analisa,sintesis dan evaluasi.
Jean Piaget (1896-1980) pakar psikologi dari swiss menyampaikan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri. Dalam pandangan piaget terdapat dua proses yang mendasari perkembangan dunia individu yaitu pengorganisasian dan penyesuaian.
NAH LEBIH LANJUTNYA MARI KITA BACA……..
Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kognitif anak,yaitu:
1.    Orang tua / gen
2.    Lingkungan sekitar
            Salah satu tokoh yaitu Piaget mengemukakan Teori Tahapan Piaget sejalan dengan perkembangan anak, pemikiran anak secara konstan beradaptasi dalam situasi-situasi dan pengalaman baru. Terkadang anak melakukan asimilasi informasi baru ke dalam kategori mental yang sudah ada.
Tahapan perkembanagan kognitif Piaget,yaitu:
1.    Tahapan Sensorimotorik (usia 0-2 tahun)
Menurut Piaget, bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan dan anak berinteraksi dengan dunia sekitar melalui sensoriss seperti melihat,meraba,mencium. Haal-hal yang dilakukan oleh si bayi ini juga memiliki tujuan juga ternyata, tujuannya yaitu untuk mengeksplorasi lingkungannya dan untuk belajar juga,
Pada masa-masa ini anak memulai untuk membangun yang namanya suatu konsep mengenai lingkungannya melalui kegiatan sensorimotornya contoh: menghisap,melempar,melihat. Pada masa usia puncak tahapan sensorimotor yaitu pada umur 2 tahun seseoang anak akan bisa memiliki cara bagaimana dia mendapatkan sebuah benda yang ia inginkan seperti mengenyot jempol untuk meminta minum. Ini adalah aawaal dari dari kemampuan seorang anak untuk berpikir secara simbolis yaitu kemampuan untuk memikirkan suatu objek tanpa kehadiran objek tersebut secara nyata.
2.    Tahap Praoperasional (usia 2-7 tahun)
Pada tahap ini cara anak melakukan kegiatan biasanya menggunakan kegiatan yang bersifat simbolik seperti biasanya kita lihat anak sering main pasar-pasaran ada yang menjual dan membeli kadang juga ada anak bermain telfon mainan untuk menelfon seseorang hal iini menunjukkan anak masih berfikir secara simbolik. Dalam tahapan ini cara berfikir anak belum dapat stabil.
3.    Tahap Operasional Konkret (usia 7-12 tahun)
Di fase ini kemampuan anak akan berfikir secara logis  sudahlah berkembang, hal untuk mendukungnya adalah adanya suatu obyek yang hadir secara konkret/nyata.
kemampuan berfikir yang logis ini seperti kemampuan mengumpulkan obyek sesuai yang telah ditentukan, seperti meengurutkan benda sesuai dengan urutannya.
4.    Fase operasional formal(usia 11 tahun sampaai dewasa)
Dalam tahapan ini kemampuan untuk berfikir secara abstrak,menalar secara logis dan menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia. Di dalam tahap ini anak mampu untuk mengerti situasi yang belum pernah mereka alami dan dip roses ini juga mereka sudah dapat untuk menentukan jalan keluar sendiri.


By:Radhita Tri Malasari
115120301111010     


No comments:

Post a Comment